truth


counters

nama

Monday 3 March 2014

makalah PERUBAHAN FISIOLOGIS MASA NIFAS DAN MENYUSUI Sistem Musculoskeletal, Endokrin, Tanda-Tanda Vital



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
     
      Masa nifas atau post partum disebut juga puerperium yang berasal dari bahasa latin yaitu kata “Puer” yang artinya bayi dan “Parous” yang berarti melahirkan. Nifas yaitu darah yang keluar dari rahim karena sebab melahirkan atau setelah melahirkan. Darah nifas yaitu darah yang tertahan tidak bisa keluar dari rahim dikarenakan hamil. Maka ketika melahirkan, darah tersebut keluar sedikit demi sedikit. Darah yang keluar sebelum melahirkan disertai tanda-tanda kelahiran, maka itu termasuk darah nifas juga.
      Masa nifas adalah masa yang dimulai setelah plasenta keluar dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti semula (sebelum hamil). Masa nifas berlangsung selama kira-kira 6 minggu atau 42 hari, namun secara keseluruhan akan pulih dalam waktu 3 bulan. Waktu masa nifas yang paling lama pada wanita pada umumnya 40 hari, dimulai sejak melahirkan atau sebelum melahirkan (yang disertai tanda-tanda kelahiran).
      Selama masa pemulihan tersebut berlangsung, ibu akan mengalami banyak perubahan, baik secara fisik maupun psikologis sebenarnya sebagian besar bersifat fisiologis, namun jika tidak dilakukan pendampingan melalui asuhan kebidanan maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi keadaan patologis, untuk itu perlu diperiksakan ke bidan atau dokter. Sehingga kita sebagai bidan harus mengetahui perubahan fisiologis, oleh sebab itu, penulis membuat makalah dengan judul “Perubahan Fisiologis Masa Nifas Dan Menyusui (Sistem Musculoskeletal, Endokrin, Tanda-Tanda Vital)”.

B.   Rumusan Masalah

      Dari latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
A.    Bagaimana perubahan fisiologis masa nifas pada sistem musculoskeletal?
B.     Bagaimana perubahan fisiologis masa nifas pada sistem endokrin?
C.     Bagaimana perubahan fisiologis masa nifas pada tanda-tanda vital?

C.   Tujuan

      Tujuan dari pembuatan makalah yang berjudul “Perubahan Fisiologis Masa Nifas Dan Menyusui (Sistem Musculoskeletal, Endokrin, Tanda-Tanda Vital)” yaitu:
A.  Untuk Mengetahui perubahan fisiologis masa nifas pada sistem musculoskeletal
B.  Untuk Mengetahui perubahan fisiologis masa nifas pada sistem endokrin
C.  Untuk Mengetahui perubahan fisiologis masa nifas pada tanda-tanda vital



BAB II
PEMBAHASAN

A.    SISTEM MUSCULOSKELETAL
1.      Dinding perut dan Peritoneum
a.       Setelah persalinan, dinding perut longgar karena direnggang begitu lama, tetapi biasanya pulih kembali dalam 6 minggu
b.      Hari pertama abdomen mononjol masih seperti masih seperti mengandung 2 minggu menjadi rilex, 6 minggu kembali seperti sebelum hamil.
c.       Kadang-kadang pada wanita terjadi diastasis dari otot-otot rectus abdominis sehingga sebagian dari dinding perut di garis tengah hanya terdiri dari peritoneum, fascia tipis dan kulit. Tempat yang lemah ini menonjol kalau berdiri atau mengejan.
d.      Bila kekuatan otot dinding perut tidak dicapai kembali, tidak ada kekuatan otot yang menyokong kehamilan berikutnya, sulitnya penurunan bagian terendah janin saat mengandung dan partus.
e.       Pengembalian tonus otot dengan latihan fisik dan ambulasi dini, secara alami dengan menurunnya progesteron.

2.      Diastasis Recti Abdominis
      Pada sebagian perempuan, kehamilan dapat menyebabkan pemisahan perut (diastasis recti), suatu kondisi dimana kedua sisi kanan dan kiri dari M. rektus abdominis “The Six-Pack” otot-otot menyebar terpisah di garis tengah tubuh, linea alba. Pemisahan terjadi karena tanggapan terhadap kekuatan rahim menekan dinding perut ketika hamil dan hormon melunakkan jaringan ikat. Diastasis recti mengurangi integritas dan kekuatan fungsional dinding perut serta dapat memperburuk nyeri punggung bawah dan ketidakstabilan pelvis.

3.      Kulit Abdomen
      Kulit abdomen yang melebar selama masa kehamilan tampak melonggar dan mengendur sampai berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan yang di namakan strie. Melalui latihan postnatal, otot-otot dari dinding abdomen seharusnya dapat normal kembali dalam beberapa minggu.

4.      Striae
      Striae pada dinding abdomen tidak dapat menghilang sempurna melainkan membentuk garis lurus yang samar. Ibu postpartum memiliki tingkat diastasis sehingga terjadi pemisahan muskulus rektus abdominishal tersebut dapat dilihat dari pengkajian keadaan umum, aktivitas, paritas, jarak kehamilan yang dapat menentukan berapa lama tonus otot kembali normal

5.      Perubahan Ligamen
      Ligamen-ligamen dan diafragma pelvis serta fasia yang meregang sewaktu kehamilan dan partus, setelah janin lahir, berangsur-angsur menciut kembali seperti sedia kala. Tidak jarang ligamentum rotundum menjadi kendor yang mengakibatkan letak uterus menjadi retrofleksi. Tidak jarang pula wanita mengeluh “kandungannya turun” setelah melahirkan oleh karena ligamen, fasia, jaringan penunjang alat genetalia menjadi agak kendor.

6.      Simfisis Pubis
      Meskipun relatif jarang, tetapi simfisis pubis yang terpisah ini merupakan penyebab utama morbiditas maternal dan kadang-kadang penyebab ketidakmampuan jangka panjang. Hal ini biasanya di tandai oleh nyeri tekan signifikan pada pubis disertai peningkatan nyeri saat bergerak di tempat tidur atau saat berjalan. Pemisahan simfisis dapat di palpasi. Sering kali klien tidak mampu berjalan tanpa bantuan. Sementara pada kebanyakan wanita gejala menghilang setelah beberapa minggu atau bulan, pada beberapa wanita lain gejala dapat menetap sehingga diperlukan kursi roda.

B.     SISTEM ENDOKRIN
1.      Hormon Plasenta
      Selama periode pasca partum terjadi perubahan hormon yang besar. Pengeluaran plasenta menyebabkan penurunan signifikan hormon-hormon yang diproduksi oleh plasenta. Hormon plasenta menurun dengan cepat setelah persalinan.
      Penurunan hormon Human Plasenta Lactogen(HPL), estrogen dan progesteron serta plasental enzyme insulinase membalik efek diabetogenik kehamilan, sehingga kadar gula darah menurun secara bermakna pada masa nifas. Ibu diabetik biasanya membutuhkan insulin dalam jumlah yang jauh  lebih kecil selama beberapa hari. Karena perubahan hormon normal ini membuat masa nifas menjadi suatu periode transisi untuk metebolisme karbohidrat, interpretasi tes toleransi glukosa lebih sulit pada saat ini.
      Hormon plasenta menurun dengan cepat setelah persalinan. Human Chorionic Gonadotropin(HCG) menurun dengan cepat dan menetap sampai 10% dalam 3 jam hingga hari ke-7 postpartum dan sebagai onzet pemenuhan mamae pada hari ke-3 postpartum.

2.      Hormon Oksitosin
      Oksitosin dikeluarkan oleh kelenjar bawah otak bagian belakang (posterior), bekerja terhadap otot uterus dan jaringan payudara. Selama tahap ketiga persalinan, oksitosin berperan dalam pelepasan plasenta dan mempertahankan kontraksi, sehingga mencegah perdarahan. Pada wanita yang memilih menyusui bayinya, isapan sang bayi merangsang keluarnya oksitosin lagi dan ini membantu uterus kembali ke bentuk normal dan merangsang produksi ASI.
3.      Hormon Prolaktin
      Menurunnya kadar estrogen menimbulkan terangsangnya kelenjar pituitari bagian belakang untuk mengeluarkan prolaktin. Prolaktin darah meningkat dengan cepat, hormon ini berperan dalam pembesaran payudara untuk merangsang produksi susu. Pada wanita yang menyusui bayinya, kadar prolaktin tetap tinggi dan pada permulaan ada rangsangan folikel dalam ovarium yang ditekan. Pada wanita yang tidak menyusui bayinya tingkat sirkulasi prolaktin menurun dalam waktu 2 minggu atau 14-21 hari setelah persalinan, sehingga merangsang kelenjar bawah depan otak yang mengontrol ovarium ke arah permulaan pola produksi estrogen dan progesteron yang normal, pertumbuhan folikel, ovulasi dan menstruasi.

4.      Hipotalamik Pituitary Ovarium
      Untuk wanita yang menyusui dan tidak menyusui akan mempengaruhi lamanya ia mendapat menstruasi. Sering kali menstruasi pertama itu bersifat anovulasi yang dikarenakan rendahnya kadar estrogen dan progesteron. Diantara wanita laktasi sekitar 15% memperoleh menstruasi selama 6 minggu dan 45% setelah 12 minggu. Diantara wanita yang tidak laktasi 40% menstruasi setelah 6 minggu, 65% setelah 12 minggu dan 90% setelah 24 minggu. Untuk wanita laktasi 80% menstruasi pertama anovulasi dan untuk wanita yang tidak laktasi 50% siklus pertama anovulasi.

5.      Hormon Estrogen dan Progesteron
      Kadar estrogen menurun 10% dalam waktu sekitar 3 jam postpartum. Progesteron turun pada hari ketiga postpartum.



C.    TANDA-TANDA VITAL
            Tanda-tanda vital yang harus dikaji pada masa nifas adalah sebagai berikut:
1.      Suhu
      Suhu tubuh wanita inpartu tidak lebih dari 37,20C. Sesudah partus dapat naik kurang lebih 0,50C dari keadaan normal, namun tidak akan melebihi 80C. 24 jam post partum suhu badan akan naik sedikit (37,50C-380C) sebagai akibat kerja keras waktu melahirkan, kehilangan cairan dan kelelahan, apabila keadaan normal suhu badan akan biasa lagi. Pada hari ketiga suhu badan akan naik lagi karena ada pembentukan ASI, buah dada akan menjadi bengkak, berwarna merah karena banyaknya ASI. Bila suhu tidak turun kemungkinan adanya infeksi pada endometrium, mastitis, traktus urogenitalis atau sistem lain. Kita anggap nifas terganggu kalau ada demam lebih dari 380C pada dua hari berturut-turut pada 10 hari yang pertama post partum, kecuali hari pertama dan suhu harus diambil sekurang-kurangnya 4x sehari.

2.      Nadi
      Denyut nadi normal pada orang dewasa 60-80 kali permenit. Sehabis melahirkan biasanya denyut nadi itu akan lebih cepat. Setiap denyut nadi yang melebihi 100 adalah abnormal dan hal ini mungkin disebabkan oleh infeksi atau perdarahan postpartum yang tertunda. Sebagai wanita mungkin saja memiliki apa yang disebut bradikardi nifas (puerperal bradycardia). Hal ini terjadi segera setelah kelahiran dan bisa berlanjut sampai beberapa jam setelah kelahiran anak. Wanita semacam ini bisa memiliki angka denyut jantung serendah 40-50 detak per menit. Sudah banyak alasan-alasan yang diberikan sebagai kemungkinan penyebab, tetapi belum satupun yang sudah terbukti. bradycardia semacam itu bukanlah satu alamat atau indikasi adanya penyakit, akan tetapi sebagai satu tanda keadaan kesehatan.
3.      Pernapasan
      Keadaan pernafasan selalu berhubungan dengan keadaan suhu dan denyut nadi. Apabila suhu dan denyut nadi tidak normal pernafasan juga akan mengikutinya kecuali ada gangguan khusus pada saluran pernafasan. Pernafasan akan sedikit meningkat setelah partus kemudian kembali seperti keadaan semula. Bila ada respirasi cepat postpartum(>30x/menit)mungkin karena adanya syok.

4.      Tekanan Darah
      Biasanya tidak berubah, kemungkinan tekanan darah akan rendah setelah ibu melahirkan karena ada perdarahan. Tekanan darah tinggi pada postpartum dapat menandakan terjadinya pre-eklamsi postpartum.


 

BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
           
            Dari pembahasan yang telah kita buat dapat disimpulkan bahwasanya masa setelah persalinan disebut post partum atau masa nifas. Masa nifas berlangsung selama kira-kira 6 minggu atau 42 hari, namun secara keseluruhan akan pulih dalam waktu 3 bulan. Selama pemulihan akan terjadi perubahan fisiologis diantaranya pada sistem musculoskeletal, sistem endokrin dan tanda-tanda vital.

B.   Saran
           
            Seorang bidan harus mengetahui perubahan fisiologis masa nifas pada sistem musculoskeletal, sistem endokrin, tanda-tanda vital.

No comments:

Post a Comment